Jumat, 07 Maret 2014

7 TAHUN KEIMANAN, DENGAN 7 JIWA NUSANTARA SEBAGAI AMANAT YANG WAJIB DIAMALKAN


JAS MERAH, Jangan sekali-kali melupakan sejarah, begitu istilah BK yang mempunyai makna filosofi tinggi. Hampir genap 7 Tahun, Minggu Pahing 11 Maret 2007 di Pantai Pangandaran – Ciamis, tercatat sebagai tonggak sejarah baru di Perguruan Trijaya, yaitu pengukuhan organisasi  kepemudaan dengan nama Kelompok Intelektual Muda Anak Alam Nusantara oleh Romo Guru Bapak Tegal (RGBT) / RG. KPA. EK Giripati Suryaningrat.

Dengan disaksikan oleh beliau NR sebagai Leluhur Nusantara kami disumpah, mengucapkan janji untuk selalu bersatu setia kepada NKRI dengan menjaga Bendera Merah Putih, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika sebagai pilar dalam kehidupan berbangsa dan bertanah air. Dalam kesempatan yang lain, pada saat pembinaan Putera Tegal, RGBT juga menghimbau agar para generasi muda untuk selalu berusaha mewujudkan 3 butir Trisakti BK yaitu Berdaulat di bidang Politik, Berdikari di bidang Ekonomi dan Berkepribadian di bidang Kebudayaan.
Kemudian dengan berjalannya waktu, bersamaan dengan peringatan ulang tahun ke 23 Padepokan Wulan Tumanggal, 11 September 2007 kami mempunyai mandat dari RGBT untuk mencanangkan sebuah Gerakan Menegakkan dan Melestarikan Jiwa Nusantara, diantaranya sebagai berikut :
1.      Bersujud Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Berbudi pekerti luhur.
3.      Saling menghormati
4.      Rela berkorban.
5.      Gotong Royong.
6.      Bangga sebagai bangsa Indonesia.
7.      Bersatu.
Saling menghargai sesama anggota tanpa membeda-bedakan antara senior dan yunior, saling memberi dan menerima dalam segala hal khususnya  pengetahuan dan pengalaman.  Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara, bergotong royong  dan bersatu berjuang dengan segala kekuatan dan kemampuan yang kita miliki serta dorongan semangat dari Pembina Perguruan serta restu para Leluhur kita pasti mampu melaksanakan segala kegiatan.
Banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan sebagai sebuah organisasi kepemudaan. Diantaranya  bakti sosial, donor darah, penanaman pohon (penghijauan), festival seni budaya nusantara, pembinaan budi pekerti luhur - anak alam nusantara, membatu pelaksanaan upacara adat dan tradisi, upacara tata  ritual agama maupun kepercayaan asli nusantara, serta kegiatan-kegiatan lain yang bersifat kemasyarakatan sampai dengan kebangsaan.
Dengan ulasan tersebut diatas kami mengajak peran serta aktif generasi muda anak alama nusantara penerus perjuangan bangsa untuk bergabung besama-sama dalam peringatan 11 Maret  dan Ulang Tahun Keimanan yang ke 7 di Padepokan Wulan Tumanggal yang acara di mulai hari Senin 10 Maret pkl. 09.00 sampai dengan hari Selasa 11 Maret 2014 pkl 13.00.  

2 komentar:

  1. dirgahayu keimanan ke 7, semoga selalu jaya di nusantara

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mas Rino... jaya utk nusantara kita.. salam sukses

      Hapus