Sabtu, 01 November 2014

FESTIVAL BARONG NUSANTARA 2014

Festival Barong Nusantara Kabupaten Blora yang puncaknya digelar di panggung terbuka di Alon-alon Blora, Sabtu (1/11) malam berlangsung cukup meriah. Meskipun banyak masyarakat yang tidak bisa menyaksikan karena banyaknya penonton yang melihat. Sebab dalam pentas itu dimeriahkan oleh atraksi kesenian barong dari Bali, Kediri, Kendal serta dari ISI dan Unnes Semarang, dan juga penampilan warga negara asing yang memainkan alat musik gamelan untuk mengiringi atraksi barongan tersebut.
Tak hayal, apa yang ditampilkan oleh duta-duta seni dari Kabupaten lain itu cukup menghibur penonton setelah pada pagi hari juga menyaksikan parade barong lokal Blora. Selain dari duta kesenian diatas, juga dihadiri perwakilan dari Kabupaten yang tergabung dalam Pakudjembara (Pati, Kudus, Jepara, Blora dan Rembang) serta Kabupaten Grobogan yang merupakan kerjasama dalam bidang pariwisata dan kebudayaan.
“Kegiatan n festival ini sangat baik untuk memajukan seni budaya yang ada, dan mengenalkan barongan kepada masyarakat,” ujar Bupati Blora Djoko Nugroho. Menurutnya, hal itu bisa terlihat dari antusiasme masyarakat yang menyaksikan
barongan mulai dari pagi tadi saat parade barong Blora dan pada malam puncak ini dengan menyaksikan atraksi barong dari kabupaten lain yang baru pertama kali diadakan di Blora ini.
“Saya berharap setelah kegiatan ini, barongan blora bisa lebih dikenal dan ikut ambil bagian dalam event seni baik daerah ataupun nasional. Sehingga masyarakat akan semakin bangga,” tegasnya.
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar