Sabtu, 28 Februari 2015

JELAJAH BUDAYA 2015

KOTA TEGAL - KOTA PEKALONGAN - KAB. KENDAL

Sebanyak 120 generasi muda yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan pemerhati budaya menjadi peserta dalam Jelajah Budaya 2015 yang dilaksanakan di Kota Tegal. Kegiatan ini berlangsung selama 3 (tiga) hari dengan mengunjungi lokasi benilai budaya tinggi di 3 kota, yaitu kota Tegal, kota Pekalongan dan kab Kendal.

Kegiatan Jelajah Budaya ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah. Peserta Jelajah ini meliputi 3 (tiga) eks karesidenan, yaitu eks karesidenan Pekalongan (Kab. Brebes, Kab. Tegal, kota Tegal, Kab. Pemalang, Kab. Pekalongan, Kota Pekalongan, Kab. Batang), eks karesidenan Semarang (kota Semarang, Kab. Semarang, Kab. Kendal, Kota Salatiga, Kab. Demak, Kab. Grobogan) dan eks karesidenan Pati (Kab. Pati, kab. Blora, Kab. Jepara, kab Kudus).

Acara ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tegal Drs. R. Supriyanta dalam acara pembukaan Jelajah Budaya 2015 di Auditorium Balai Diklat Perikanan Tegal Kamis 26 Februari 2015 pukul 19.30 WIB. Setelah acara pembukaan dilanjutkan penyampaian materi oleh kepala bidang kebudayaan Disporabudpar kota Tegal Drs. Kasnudi. Kemudian penyampaian kebijakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah oleh kasi Nilai Budaya Eny Haryanti, S.Pd, M. Pd. 

Pada hari ke dua yaitu jumat 27 Februari para peserta melaksanakan kunjungan jelajah di 3(tiga) objek yang telah ditentukan. Objek pertama yaitu keliling Kota Lama di pusat kota Tegal, kemudian menuju Gedung Teater, TBT (Taman Budaya Tegal). Kemudian semua peserta yang terbagi menjadi 3 bus tersebut melanjutkan perjalanan menuju ke Kota Pekalongan, yaitu Musem Batik Pekalongan. dengan disambut Tari Batik oleh 6 penari yang sangat piawai membawakan tarian batik yang menjadi ciri khas kota Pekalongan tersebut.

Setelah selesai di kota Pekalongan, rombongan jelajah budaya melanjutkan perjalanan ke timur yaitu menuju kabupaten Kendal, tepatnya di kota Weleri. Bertempat di desa Wonotenggang peserta jelajah budaya disajikan Tata Upacara Masyarakat Kalang. Upacara ini merupakan tradisi masyarakat kalang untuk mempringati atau selamatan yang ditujukan kepada salah satu anggota keluarga yang sudah dipanggil menghadap Tuhan YME.

Kegiatan ini ditutup hari Sabtu (28/2) yang sebelumnya diisi dengan  pembacaan atau paparan hasil jelajah budaya 2015 dan kesan pesan oleh beberapa perwakilan peserta kegiatan.   







Tidak ada komentar:

Posting Komentar