Selasa, 26 Mei 2015

LOMBA TARI TOPENG TINGKAT SMP SE JAWA TENGAH

FLS2N SMP TINGKAT PROVINSI JAWA TENGAH

Selasa Kliwon 26 Mei 2015 bertempat di Gedung Jeddah Islamic Centre, lomba tari dalam rangka FLS2N SMP tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2015 dilaksanakan secara meriah. Lomba yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah ini diikuti sebanyak 35 tim tari siswa siswi SMP  dari 35 kabupaten/kota se Jawa Tengah.

Lomba tari kali ini mengusung tema tari topeng. Topeng sebagai sumber inspirasi dalam menggali ide/gagasan siswa dalam mengembangkan budaya bangsa khususnya seni tari. Topeng sebagai kedok penutup wajah bisa terbuat dari kayu, kertas, atau rias wajah (make up).

Topeng sebagai salah satu kelengkapan seni tari bisa muncul di berbagai bentuk karya seni tari, baik yang tradisi maupun kreasi baru ataupun kontemporer. Berbekal kreativitas dibidang seni tari diharapkan mampu mengangkat serta menampilkan nilai-nilai budaya topeng sebagai pijakan/titik tolak menuu ke arah karya seni yang baru dan inovatif.

Penilaian lomba berdasarkan 3 aspek, yaitu original, kerativitas group dan kesatuan. Aspek Original mengutamakan kebaruan ide dan konep tema yang mengacu kepada kesesuaian jiwa anak SMP. Kreativitas group meliputi kreativitas garap ruang, gerak, dan waktu (dinamika). Sedangkan Kesatuan merupakan harmonisasi secara keseluruhan meliputi kesatuan ujud, rias/busana, iringan, ekspresi dan penyajian.

Juara lomba ditentukan oleh dewan juri yang terdiri dari Drs. Bintang Hanggoro Putra M.Hum, Eny Haryanti, S.Pd, M.Pd dan Bambang Permadi, AAN, S.Kom. Dari perolehan jumlah nilai oleh dewan juri ditentukan 3 penampil terbaik menurut urutan penampilan yaitu dari Kabupaten Wonogiri (4), Kota Surakarta (16), dan Kabupaten Purworejo (28).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar