Selasa, 18 Agustus 2015

BLORA BANJIR BARONGAN

Bertajuk "Blora Banjir Barongan" Pemerintah Kabupaten Blora menggelar acara tahunan Festival Barong Nusantara II. Festival ini dilangsungkan pada Rabu Kliwon 19 Agustus 2015 mulai pukul 08.45 WIB. Acara ini merupakan kerjasama Dinas Perhubungan, Pariwisata, Kebudayaan, Komunikasi dan Infomatika (DPPKKI) Blora dan Bank Jateng.

Sejak malam hingga Rabu pagi tampak beberapa sekolah dan tim sanggar barongan sibuk menyiapkan kendaraan hias dan peralatan musik yang akan digunakan perform di sepanjang rute karnaval. Adapun rute yang akan dilalui adalah Alun-alun Blora sebagai start sekaligus panggung kehormatan. Paserta dari Alun-alun akan menyusuri Jl.Pemuda sampai Tugu Pancasila belok kiri masuk ke Jl. Ahmad Yani sampai finish di GOR Mustika. Panjang rute sekitar 2 km.

Salah satu yang berbeda dengan pagelaran Festival Barongan setahun yang lalu adalah waktu pelaksanaan yang kali ini mengambil moment HUT ke 70 Kemerdekaan Republik Indonesia. Sedangkan pada tahun lalu digelar dibulan November sesuai dengan momen HUT Kabupaten Blora.

Sesuai dengan temanya, maka pada festival tahun ini akan diikuti berbagai kelompok Barongan diantaranya dari sekolah-sekolah, instansi pemerintah hingga grup-grup barongan.  Urutan peserta pawai festival barong dan pawai pembangunan adalah drumband, pasukan bendera, pasukan bhineka, peserta eksibisi dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, barulah kemudian diisusul parade barong kategori umum dan pelajar.

Beberapa grup Barong yang berpartisipasi dalam kegiatan ini diantaranya barong Singo Langlang Bawono (Banjarejo), Singo Edan (Kradenan), Satriyo Bodoyo (Bogorejo), Saminista (Reksodiputro, Blora), Singo Wiro Anom (Plotot, Blora), Gogor Seto Kusumajaya (Tentara Pelajar, Blora) serta Cokro Aji Joyo (Tempelemahbang, Jepon).

Suntoyo, Kabid Kebudayaan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) menjelaskan bahwa tahun ini sengaja pawai pembangunan digabung dengan festival barongan agar lebih semarak. 

“Kali ini karnaval digabung dengan festival barongan, sudah ada 40 lebih tim yang mendaftar dan kebanyakan akan menampilkan tarian barong kolosal. Akan ada ratusan barongan hari ini. Kami sediakan 10 juri dari berbagai profesi seniman yang akan disebar di sejumlah titik,” jelas Suntoyo.
Masyarakat dipersilahkan menonton di sepanjang rute yang sudah ditentukan. “Silahkan menonton dengan tertib, jangan terlalu maju sehingga mengurangi lebar jalan yang digunakan peserta untuk tampil. Semoga acara hari ini berjalan lancar,” pungkasnya
 
Kemeriahan Festival Barongan ini juga berlangsung pada malam harinya dimana dilanjutkan dengan pentas Barongan dipanggung terbuka yang digelar pada  pukul 19.00 di Kawasan Blok T Kota Blora.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar