Sabtu, 29 Agustus 2015

CERDAS CERMAT POKDARWIS SE JAWA TENGAH RAMAIKAN FESTIVAL SERAYU BANJARNEGARA

Sebanyak 33 Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Se Jawa Tengah, saling berkompetisi dalam acara Konvensi Pokdarwis Jawa Tengah. Setiap kelompok terdiri atas 3 peserta, dimana mereka membentuk satu tim sebagai duta wisata mewakili 33 kab/kota se Jawa Tengah, yang seharusnya diikuti 35 kab/kota, tetapi karena ada dua kabupaten yang tidak mengirimkan pesertanya yaitu Brebes dan Kudus

Lomba Pokdarwis ini meliputi 3 kategori penilaian, yaitu Lomba Seni, Lomba Yel-yel dan Konvensi (cerdas cermat). Peserta yang mayoritas merupakan usia remaja ini saling menunjukkan kebolehannya dalam hal seni dan kreativitas membuat yel - yel. Tak kalah seru nya saat mereka beradu kepandaian, kecerdasan, ketepatan dan kecepatan dalam lomba cerdas - cermat.

Konvensi Pokdarwis ini merupakan sebuah kegiatan pendukung yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, sebagai pendukung kegiatan dalam even besar yaitu Festival Serayu Banjarnegara. Acara yang berlangsung selama dua hari ini (27s/d 28 Agustus 2015) mengambil tempat di Pendopo Kabupaten Banjarnegara

Ada beberapa kategori pertanyaan dalam lomba cerdas cermat ini. Diantaranya merupakan materi yang berhubungan dengan parisiwata, kebudayaan, PKK, kriminalitas, dan kemampuan dalam menjawab soal-soal berbahasa inggris. Dewan Juri pun dihadirkan dari beberapa institusi yang berkompeten dengan materi yang disajikan. Dewan juri yang terdiri dari 5 orang ini diketuai oleh yaitu Ir. Siti Mulyatmi Margaretta, kemudian Eko Suseno Matrutty, SE. MM, dosen UKSW Salatiga sekaligus konsultan pariwisata Jawa Tengah, Ny. Eny Haryanti Bambang, S.Pd, M.Pd. dari TP PKK Jawa Tengah, Kompol Santoso, SE. M.Hum dari Polisi pariwisata Jawa Tengah, dan Drs. Laksono Wijayanto, MM. MBA. dari STIEPARI Semarang.

Muncul sebagai juara dalam konvensi kali ini yaitu, Juara I dipegang oleh Kab. Batang dengan nilai 2880. Kemudian disusul dari Kab. Banjarnegara dengan nilai 1688. Juara III dipegang oleh Kab. Rembang 1489 dengan nilai. Kemudian untuk Harapan I dipegang Kab. Sragen, Harapan II oleh Kab. Jepara dan Harapan III dipegang oleh Kab. Magelang.



Kegiatan secara resmi ditutup oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, DR. Prasetyo Aribowo, SH. M.Soc.Sc. Setelah memberikan hadiah kepada para pemenang, beliau berpesan setelah acara ini dan kembali ke daerah masing-masing maka para kelompok sadar wisata ini diharapkan mampu menjadi promotor dan tulang punggung desa wisatanya agar bisa semakin maju dan menjadi ikon kabupaten/kota bahkan membawa nama provinsi Jawa Tengah. 

















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar