Sabtu, 08 Agustus 2015

PEKAN BUDAYA INDONESIA 2015

Semarang, Untuk pertama kalinya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Pekan Budaya Indonesia (PBI). Pekan Budaya Indonesia 2015 berlangsung di Semarang, Jawa Tengah, pada 5 s.d 10 Agustus 2015. Namun pembukaan secara resmi dilakukan pada Jumat, 7 Agustus 2015 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. 

Dalam laporannya sebagai Ketua Panitia Penyelenggara, Dirjen Kebudayaan Kacung Marijan mengatakan Pekan Budaya Indonesia merupakan kegiatan pertama yang melibatkan satuan kerja (satker) pokok di lingkungan Ditjen Kebudayaan. "Tahun ini merangkai beberapa kegiatan terkait yang menjelma menjadi Pekan Budaya Indonesia," katanya saat acara pembukaan Pekan Budaya Indonesia di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah, Jumat (7/8/2015). Ia menuturkan, tema Pekan Budaya Indonesia 2015 adalah Harmoni dalam Keragaman Budaya. 

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo memberikan apresiasi atas pelaksanaan Pekan Budaya Indonesia. Ia mengatakan, melalui kegiatan seperti ini, Kemendikbud telah melakukan pendekatan kebudayaan dari akar, yaitu masyarakat. "Ini pendekatan yang dahsyat, tidak cukup pendekatan hitam putih. Pendekatan budaya memainkan perasaan, memainkan hati, menggandengkan emosi," ujarnya saat menghadiri pembukaan Pekan Budaya Indonesia. 

Sementara itu dalam sambutannya, Mendikbud Anies Baswedan mengatakan bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam, dan kebhinekaan adalah salah satu kekayaan terbesar bangsa Indonesia. Dalam mendidik anak-anak, tuturnya, tidak cukup membuat anak menikmati kebudayaan saja, tetapi juga harus bisa membuat anak ikut mengembangkan kebudayaan. Anak-anak harus diberikan ruang berekspresi. "Anak-anak bisa mengkombinasikan antara tradisi dan modernisasi. Ada ekspresi (budaya) yang di generasinya pun dianggap sebagai sesuatu yang menarik. Bagaimana membuat anak-anak memiliki minat yg tinggi terhadap tradisi, tapi sisi lain kita juga membuat anak-anak mengekspresikan sesuai tradisi. Tradisi itu bukan kuno," ujar Mendikbud. 

Pekan Budaya Indonesia 2015 secara resmi dibuka Mendikbud dengan ditandai oleh pemukulan bedug di panggung Pekan Budaya Indonesia di Lapangan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah. Hadir juga dalam acara pembukaan, Irjen Kemendikbud, Daryanto dan Walikota Semarang. Usai pemukulan bedug berlangsung defile peserta Pekan Budaya Indonesia 2015, antara lain Komunitas Adat Samin, Komunitas Adat Tionghoa, Komunitas Adat Jalawastu, 33 SD di Kota Semarang, Komunitas Gasing, serta penampilan dari perkumpulan lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar