Jumat, 15 Juli 2016

6 ALUMNI MENDAPAT PENGHARGAAN DARI ISI SURAKARTA

Surakarta, Jumat Legi, 15 Juli 2016.  Sebanyak 6 alumni Institute Seni indonesia (ISI) Surakarta mendapat penghargaan dari pihak kampus karena prestasi dan peran serta mereka dalam bidang seni dan budaya sesuai dengan profesinya masing-masing. Penghargaan ini diberikan dalam rangka peringatan Dies Natalis ISI Surakarta yang ke 52 yang bertempat di Pendopo ISI Surakarta

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Rektor ISI surakarta Prof. Dr. Sri Rochana Widyastutiningrum, S.Kar. M.Hum. Keenam alumni tersebut antaralain adalah Eny Haryanti, S.Pd. M.Pd, sebagai Penggerak Pelestarian Seni Budaya di Jawa Tengah. Ali Marsudi, S.Sen. sebagai Pelestari dan Pengembang Seni Wayang Orang Jawa Tengah. Margono, S.Sn. sebagai Pengembang Kreativitas di bidang Seni Tatah Sungging. Suroyo, S.Sn. sebagai Pelestari Keterampilan Organologi di Bidang Karawitan Jawa. Dwi Nugroho, S.Sn. sebagai Pengembang Kreativitas Seni Kriya di Bidang Instrument Musik Etnik. Dan yang terakhir adalah Heru Prasetyo, Amd. sebagai Dinamisator Kehidupan Seni Budaya di Masyarakat.

"Ini yang pertama kalinya ISI Surakarta memberikan perhargaan bagi Alumni berprestasi", ungkap I Nyoman Putra Adnyana, dosen Seni Tari Bali sekaligus panitia dies natalis. Untuk kedepan penghargaan serupa akan selalu diberikan pada setiap acara dies natalis ISI Surakarta, tambah bapak dosen yang selalu murah senyum ini.

Hadir dalam acara ini Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D (Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Kemenristekdikti) memberikan sebuah Pidato Ilmiah dengan mengangkat  tema “Kreativitas Menuju Artistic Research University”, Gubernur Jawa Tengah, H. Ganjar Pranowo, S.H, M.IP

Peringatan Dies Natalis tersebut dengan kegiatan utama berupa Sidang Senat Terbuka Luar Biasa selain memberikan penghargaan terhadap alumni berprestasi juga memberikan penghargaan Doktor Baru dan Purna Tugas.

Memasuki usia 52 tahun ini, Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta semakin meneguhkan perannya sebagai pusat unggulan kreativitas seni dan budaya, yang diwujudkannya melalui penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian dan kekaryaan seni menjadi kekuatan utama dan karakteristik ISI Surakarta. “Kreativitas Menuju Artistic Research University” menjadi tema peringatan dan perayaan Dies Natalis kali ini.

Tema yang diambil pada tahun ini dimaksudkan menjadi tonggak bagi positioning ISI Surakarta diantara perguruan tinggi tanah air. Karya seni sebagai bentuk penelitian dan kreasi karya dapat melahirkan pengetahuan (insight). Sesungguhnya kerja imajinatif, kreatif, dan intelektual yang dilakukan dosen/seniman/praktisi seni pada dasarnya adalah sebuah bentuk penelitian, dan daripadanya dapat ditemukan pengetahuan baru dan teori. Kreativitas dosen dan mahasiswa dalam bidang seni yang ditunjukkan baik tingkat nasional maupun internasional menjadi penggerak bagi terwujudnya ISI Surakarta sebagai Artistic Research University.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar