Rabu, 20 Juli 2016

MENUMBUHKAN KARAKTER YANG BERBUDAYA, SANTUN DAN PENUH KASIH SAYANG DENGAN EKSPRESI SENI


Bertempat di Hotel Best Western, Solo Baru, Sukoharjo, digelar sebuah ajang bergengsi lomba seni pelajar sekolah dengan nama Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat Jawa Tengah. Kegiatan tahunan yang dilaksanakan dari Senin (18/7)  sampai dengan Jumat (22/7) ini dibagi dalam 2 kategori sekolah yaitu kategori SMP dan SD. 

Kegiatan semacam ini merupakan salah satu wahana yang efektif untuk mengekspresikan kompetensi estetika, sekaligus menumbuhkan karakter, budi pekerti dan nilai - nilai kasih sayang dan melestarikan kebudayaan bangsa di bidang seni.  Diharapkan budaya bangsa di bidang seni ini bisa dipentaskan ke jenjang internasional

Kegiatan FLS2N ini merupakan upaya untuk meningkatkan mutu sumberdaya manusia Indonesia agar mampu bersaing dalam era globalisasi yang berkarakter dan patriotik. Pemerintah melaui Kementerian Pendidikan menciptakan dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh warga negara, khususnya dalam jenjang Pedindikan Dasar dan Menengah.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SMP meliputi: Lomba Vokal Group, Festival Kreatifitas Seni Tari, Festival Musik Tradisional, Seni Baca Al-Qur’an, Lomba Cipta Cerpen, Lomba Story Telling, Lomba Gitar Solo, Lomba Menyanyi Solo, Debat Bahasa Indonesia, Lomba Seni Karya, Lomba Desain Poster, Lomba Baca Puisi, Lomba Seni Lukis, Lomba Desain Motif Batik, Lomba Cipta Lagu dan Lomba Cipta Puisi. 

Banyak yang menarik dari beberapa cabang lomba diatas. Dalam sebuah acara temu teknis yang dilakukan pada saat pra lomba, ditemukan beberapa kritikan dan masukkan bagi panitia lomba yang berhubungan dengan lokasi lomba. Lomba Musik Tradisional misalnya, cabang ini yang paling banyak propertinya karena menggunakan set gamelan dan alat musik pendukung yang sangat memakan tempat. Sedangkan lokasi lomba berada di hotel berbintang dengan segala keterbatas tempat untuk setting alat musik. 

Berbeda pada tahun sebelumnya yang menggunakan Asrama Haji Donohudan Boyolali yang mempunyai tempat yang luas dengan beberapa free area yang sangat menunjang aktivitas penunjang seperti untuk latihan, setting properti, dan parkir kendaraan. Selain itu juga kendala antrian lift yang lama dan panjang juga banyak dikeluhkan oleh para peserta, crew/official karena jumlah lift yang ada tidak sesuai dengan jumlah kapasitas tamu yang mencapai ratusan pelajar se Jawa Tengah. Mungkin beberapa masalah yang terjadi seperti ini bisa menjadi masukkan bagi penyelenggara agar kedepan bisa lebih memperhatikan faktor tempat sebagai lokasi ajang bergengsi ini. Sehingga tujuan kegiatan yang begitu bagus dan terarah ini bisa diraih melalui pencapaian maksimal.

LOMBA DEBAT
Dalam salah satu bidang lomba yang terbilang baru dalam FLS2N ini adalah Lomba Debat Bahasa Indonesia. Entah apa yang menjadikan Debat dimasukkan sebagai bidang lomba seni. Dari segi kultur bangsa Indonesia yang namanya perdebatan adalah sebuah hal tabu untuk dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Penyelesaian masalah yang ada di masyarakat lebih dititikberat pada diskusi dengan musyawarah mufakat. Dan hal ini juga masuk dalam hukum kenegaraan kita yaitu Pancasila.

Pemilihan Debat sebagai lomba banyak diinterprestasikan seolah - olah meniru gaya demokrasi luar negeri, seperti debat calon presiden ataupun pemimpin pemimpin sebuah perusahaan/organisasi. Dimana berhubungan dengan visi dan misi sebagai calon pemimpin yang akan menentukan kebijakan-kebijakan publik. Hal ini juga diungkapkan salah penonton dan juga orang tua dari salah satu peserta lomba cabang lain, pak Harsono. "Kok niru - niru program TV swasta yang menampilkan debat".

Memang tak bisa dipungkiri bahwa sebuah perdebatan tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya emosi. Management pengendalian emosi setiap manusia sangat relatif, karena untuk mempertahankan pendapat atau idenya sering melewati batas - batas kesantunan dan norma kesopanan yang ada dalam masyarakat ketimuran. Untuk itu sekiranya ada pengkajian dan evaluasi kembali pada salah satu bidang lomba seni ini untuk bisa mewujudkan generasi muda yang berkarakter positif dan berbudaya yang didasari dengan pribadi yang santun.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar