Sabtu, 05 November 2016

DIALOG PEREMPUAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN


Bertempat di Harris Hotel & Convention, Jl. Bangka 8-18, Gubeng, Surabaya, digelar sebuah acara  "Dialog Perempuan Penghayat Kepercayaan terhadapTuhan Yang Maha Esa". Acara ini diadakan oleh Direktorat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan  Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari (2 s/d 4 November 2016) ini diikuti oleh sekitar 200 orang peserta yang berasal dari perempuan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dari 12 Provinsi di Indonesia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Provinsi Jawa Timur, Balai Pelestarian Nilai Budaya, dan Akademisi. Kegiatan ini juga dimeriahkan oleh pameran karya budaya hasil dari kerajinan organisasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran perempuan penghayat dalam pembentukan karakter bangsa, meningkatkan peran perempuan dalam pengelolaan organisasi penghayat kepercayaan, dan meningkatkan partisipasi perempuan penghayat dalam menjalankan peran regenerasi roda organisasi penghayat kepercayaan.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Asisten Pemerintahan Sekretariat Kota Surabaya, Yayuk Eko Agustin Wahyuni menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Surabaya baru – baru ini juga melakukan kegiatan yang mengusung isu kesetaraan gender. Beliau menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah Surabaya juga menggalakkan kegiatan yang dapat menumbuhkembangkan sikap dan sifat nasionalisme kepada anak – anak. Setelah pembukaan secara resmi dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Bedoyo Sukma Agung dari pelajar SMK 1 Surabaya.

Setelah Pemaparan materi, akan diadakan sidang komisi yang membahas 3 (tiga) hal, yaitu: 1. Komisi Perempuan dan Tata Kelola Organisasi; 2. Komisi Perempuan dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat; 3. Komisi Perempuan dan Pembangunan Karakter Bangsa. Hasil dari sidang komisi ini akan dijadikan rumusan sebagai pedoman dan perencanaan kegiatan pembinaan perempuan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa pada waktu mendatang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar