Sabtu, 10 Desember 2016

KONSER KARAWITAN TERLAMA

Sebanyak 13 sanggar seni karawitan berunjuk kemampuan dalam sebuah konser karawitan terlama, yakni 36 jam non stop. Acara yang bertajuk Gema Karawitan Nusantara (GATRA) 2016, ini dilaksanakan di halaman RRI Semarang, Jl. A. Yani 144-146 Semarang.

Ke 13 sanggar karawitan tersebut antara lain Pujangga Laras dari Surakarta, ISI Surakarta, Pandhan Sari dari Karanganyar, Manunggal Rasa dari Amerika, Mayangkara dari Surakarta, Wilis Prabowo dari Wonogiri, Sukoraras dari Semarang, Junggiri Laras dari Kartosuro, Mustika Laras dari Boyolali, Ngripta Laras dari Purwodadi, Sekar Domas dari UNNESS Semarang, dan Cakraningrat dari Rembang.

Acara ini digelar dalam rangka memperingati jasa para pahlawan bangsa, khususnya para pahlawan di dunia karawitan. "Kami menggelar acara ini untuk memperingati jasa para leluhur yang telah menciptakan, menggagas dan melestarikan seni karawitan jawa", jelas Ki Mulyono, Pimpinan Sanggar Karawitan Sukoraras Semarang yang sekaligus ketua penyelenggara acara ini.

GATRA 2016 dibuka Sabtu pagi (10/12) jam 9 oleh Dr. Sudarto, MA, mewakili Sekda Provinsi Jawa Tengah yang waktu itu berhalangan hadir. Sebelumnya ditampilkan sebuah tari Bedaya yang diperagakan secara apik oleh 9 penari cantik, mahasiswi Jurusan Tari Fakultas Bahasa dan Seni UNNES Semarang.

Dalam acara ini juga digelar doa bersama lintas agama dan kepercayaan, yang dipimpin oleh Widodo Brotosejati dan beberapa perwakilan tokoh agama dan kepercayaan kota Semarang. Doa tersebut diiringi pula dengan mendendangkan tembang macapat Dandanggula.


 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar