Jumat, 05 Mei 2017

PERAN KUNCI PEREMPUAN DALAM PELESTARIAN BUDAYA SPIRITUAL


Terlalu lama perempuan Penghayat tertidur lelap dan menutup diri dari jati dirinya sebagai Penghayat. Diskriminasi dan sigmatisasi adalah faktor pemicu utamanya. 

Dilaksanakannya Dialog Perempuan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Hotel Semesta Semarang 2 s/d 5 Mei 2017, merupakan moment penting yang digelar Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi Kemendikbud RI, yang sebelumnya sudah didahului dengan kesadaran perempuan Penghayat Jatim untuk melaksanakan deklarasi perempuan pada 15 April 2017 lalu

Ini merupakan ruang yang sengaja diperuntukan bagi perempuan Penghayat yang bertujuan untuk membangkitkan dan membangun kesadaran perempuan untuk kembali memiliki kepercayaan diri dan  berkontribusi aktif dalam penguatan organisasi dan menyiapkan regenerasi dan kaderisasi penerus ajaran. Hal ini disampaikan oleh Dian Jennie, sekretaris MLKI (Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia) wilayah Jawa Timur yang sekaligus menjadi salah satu narasumber pada acara tersebut.

Perempuan mempunyai peran kunci dan sangat vital dalam proses regenerasi dalam pelestarian budaya spiritual. Pelestarian itu akan memperkuat pembentukan karakter bangsa dan jatidiri bangsa Indonesia dan berperan untuk pembangunan berkelanjutan. tambahnya.

Pelestarian nilai budaya luhur merupakan indikator keberhasilan kaderisasi dalam organisasi kepercayaan. Ajaran Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa tentang sangkan paraning dumadi, manunggaling kawula Gusti, dan memayu hayuning bawana dimana mengandung nilai - nilai luhur akan menjadi kenangan apabila organisasi kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa tidak melakukan kaderisasi.

Kegiatan yang diikuti 100 perempuan penghayat seluruh Indonesia wilayah barat ini dihadiri Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Direktorat Jenderal Kebudyaan, Kemendikbud RI, Dra. Sri Hartini, M.Si, Kabid Kebudyaaan Disdikbud Jawa Tengah, Drs. Mulyono, M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar