Selasa, 25 Juli 2017

MEMUNCULKAN NILAI-NILAI LOKAL DAN SPIRIT BUDAYA MELALUI SENI TARI


Puluhan peserta didik tingkat Sekolah Dasar seluruh kota Semarang, memenuhi salah satu ruang di SDN 02 Srondol Kulon, Selasa (25/7). Mereka adalah perwakilan dari 16 kecamatan di wilayah kota Semarang yang sedang beradu kreativitas dalam sebuah lomba tari.

Tiap regu berjumlah 3 anak dengan membawakan sebuah tari kreasi/ciptaan baru yang berangkat dari kreativitas, sesuai dengan tingkatan usia dan psikologi anak, baik gerak, tema, kostum, tata rias serta memunculkan nilai-nilai lokal dan spirit budaya kota Semarang, sehingga kekuatan tradisi dan kekayaan budaya lokal tersaji dengan jelas. 

Lomba tari ini adalah satu dari 9 lomba yang tergabung dalam sebuah kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat SD, yang telah menjadi kegiatan tahunan yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Semarang.  

Yang menjadi tema dalam lomba tari kali ini yaitu mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan dunia anak-anak dan kekhasan daerah setempat tentang cinta alam lingkungan, kepedulian sosial, kebersamaan dalam perbedaan, dan permainan anak-anak.

Tujuan diadakan lomba tari ini untuk memberikan wadah bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas seni dalam bidang seni tari. Selain itu juga untuk mengembangkan imajinasi, kepercayaan diri dan kepribadian siswa secara optimal, meningkatkan apresiasi dan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai budaya bangsa, dan membina rasa tanggung jawab serta kerjasama anara siswa dan guru dalam proses kreativitas seni tari.

Muncul sebagai penampil terbaik diraih nomor undi 05 dari SDN Manyaran 01 mewakili kecamatan Semarang Barat, dengan menampilkan Tari Sesarengan yang artinya kebersamaan. Disusul nomor undi 10 dari SDN Jomblang 01 mewakili kecamatan Candisari dengan Tari Sekolah. Dan penampil terbaik ke 3 (tiga) diraih nomor undi 16 dengan menampilkan Tari Reresik.

Selain Lomba Tari, ada 8 jenis lomba lainnya pada FLS2N Kota Semarang. Diantaranya Lomba Menyanyi Tunggal, Lomba Pantomim, Lomba Baca Puisi, Lomba Pidato Bahasa Indonesia, Lomba Gambar Bercerita, Lomba Membuat Kriya Anyam, Lomba Musik Pianika, dan Lomba Baca Al Qu'ran.

FLS2N
Pendidikan di Sekolah Dasar merupakan bagian dari sistem pendidikan yang menyeluruh dalam rangka pembinaan karakter anak agar tumbuh dan berkembang secara seimbang baik jasmani maupun rohani. Pembinaan karakter anak yang dimaksudkan meliputi penguasaan ilmu pengetahuan, pembentukan kepribadian, moral, religius serta memilki keterampilan hidup menuju generasi muda yang potensial. 

Kegiatan  (FLS2N-SD) bertujuan untuk memberikan wadah berkreasi dengan menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik sekolah dasar dengan mengedepankan sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. 

Di sisi lain kegiatan FLS2N-SD diharapkan dapat meningkatkan kreativitas, dan memotivasi peserta didik untuk mengekspresikan diri melalui kegiatan sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Melalui kegiatan FLS2N-SD ini pula diharapkan dapat tetap terpeliharanya semangat dan komitmen para praktisi pendidikan di daerah, sehingga memungkinkan mereka selalu berupaya mengembangkan proses pendidikan khususnya bidang seni dan budaya. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar