Minggu, 23 Juli 2017

MENGGALI KULINER BERBAHAN JAGUNG DENGAN CITA RASA TEMPO DULU

Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 22 dan 23 Juli 2017 mengadakan kegiatan Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah dan Lomba Makanan khas se Jawa Tengah di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini "Indonesia Indah" Jakarta.

Kegiatan ini sebagai upaya mempromosikan kuliner Jawa Tengah untuk masyarakat luas dan diversifikasi makanan non beras dengan alternatif antara lain jagung. Dimana hasil pertanian jagung di Jawa Tengah sangat berlimpah.

Event ini juga untuk menciptakan peluang usaha dengan memanfaatkan potensi pangan lokal yang ada di Kabupaten/Kota, sehingga menjadi bagian dari tujuan wisata khususnya kuliner tradisional.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memperkaya tujuan wisata dengan menghadirkan beragam makanan khas daerah yang disajikan baik direstoran, waralaba dan dikenal luas karena menjadi hidangan di hotel – hotel berbintang.

Acara ini juga untuk mempromosikan kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya tentang aneka produk unggulan/Craft khas Jawa Tengah, menggali kreatifitas pekerja seni Kabupaten/Kota agar menghasilkan produk yang indah dan mewakili daerahnya, serta untuk menggiatkan UKM/home Industri seni karya dan kreatif.

Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah mengambil tema "Aneka Produk Unggulan Khas Jawa Tengah”, serta tema Lomba Makanan Khas Jawa Tengah "Menggali Kuliner Berbahan Jagung dengan cita rasa tempo dulu (tradisional) dan layak menjadi sajian di Hotel berbintang"

Dalam Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah ada beberapa point penting dalam kriteria penilaian diantaranya original (keaslian sesuai daerah), kerapihan/keindahan, kreatifitas batik dan tenun, dekorasi stand. Adapun kriteria Lomba Makanan Khas Jawa Tengah adalah cita rasa, original/otentisitas, penampilan/penyajian dan kreatifitas, dan keamanan pangan.

Penentuan pemenang Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah ada 2 kategori. Kategori Batik sebagai “Craft” Juara I, II, III, Harapan I II, III, kategori Tenun sebagai “Craft” Juara I, II, III, Harapan I, II, III, sedangkan Kategori Lomba Makanan Khas Jawa Tengah ada 3 kategori. Makanan Kudapan/Appetizer Juara I, II, III, Harapan I, II, III, Makanan Utama/Main Course Juara I, II, III, Harapan I, II, III, Minuman Tradisional Juara I, II, III, Harapan I, II, III

Dalam Lomba Makanan Khas ditunjuk Tim Juri terdiri dari Chef Barra Radja Pattirajawane (Chef Executive), Ibu Ir. Krisnawati Ekananta Oetoyo, M.P. dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah, Bapak Nuansa Herwindo (Tata Saji dan Garnis).

Juri Pameran Produk Unggulan dan Potensi Daerah Jawa Tengah adalah Bapak Budi Prasetyo, S.H., M.M. (Kementerian Dalam Negeri RI), Ibu Ratna Kawuri, S.H. (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah) dan Ibu Sumartini, S.H., M.Hum. dari Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Provinsi Jawa Tengah.

Acara ini dibuka oleh Sekda Jawa Tengah Dr. Ir. Sri Puryono Karto Soedarmo, MP dilanjutkan dengan pementasan duta seni Kabupaten Boyolali Sendratari Misteri Gunung Bibi, Tari Topeng Ireng, Tari Elang, Campursari, musik dangdut bertempat di Pendopo Agung Anjungan Jawa Tengah, Sabtu (22/7).

Pemenang diumumkan pada hari Minggu (23/7) diawali dengan Jalan Santai Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah bersama Paguyuban Jawa Tengah, Lomba Membatik Motif Jawa Tengah dan Peragaan Busana Adat Jawa Tengah.


Sumber  : Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah

    

 




 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar