Jumat, 11 Agustus 2017

PEMKOT SEMARANG FASILITASI SARASEHAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN

Pemerintah Kota Semarang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kamis Pahing kemarin (10/8) menggelar Sarasehan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa di Gedung Mr. Moch Ikhsan Lt. 8, kompleks Balai Kota Semarang.

Sarasehan ini diikuti oleh 80 peserta yang merupakan perwakilan dari organisasi Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa se Kota Semarang dan perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Semarang.

Hadir sebagai pembicara pada sarasehan ini, Kasi Pemberdayaan Kepercayaan, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tradisi, Kemendikbud RI, Lita Rahmiati, S.Sos, M.Pp, Dewan Pakar MLKI Ir. Hertoto Basuki dan Budayawan Jawa Tengah Drs. St. Sukirno, M.S. Acara ini dimoderatori oleh Bambang Permadi AAN, S.Kom, dari Perguruan Trijaya.

Sarasehan ini sebagai media komunikasi, antara pemerintah dengan warganya, dalam hal ini para pelaku sekaligus pelestari budaya spiritual lokal, atau penganut kepercayaan yang biasa disebut dengan penghayat, jelas Siky Handini Wedariwati, SH, Kasi Sejarah dan Cagar Budaya, Disbudpar Kota Semarang sekaligus sebagai ketua penyelenggara sarasehan ini.

Sarasehan Penghayat ini merupakan kegiatan tahunan yang masuk dalam Program Pengelolaan Budaya Lokal pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang. Sejak saya masuk Disbudpar tahun 2013, setiap tahun kegiatan ini kami ajukan dan sampai saat ini sudah terlaksana 3 kali, tambahnya.

Lita Rahmiati, saat menjawab pertanyaan
dari peserta sarasehan
Pada kesempatan ini, banyak pembahasan dan tanya jawab tentang layanan hak sipil untuk warga kepercayaan, khususnya yang akhir-akhir ini menjadi berita hangat yaitu layanan penddidikan. Lita menjelaskan saat ini bahan ajar untuk peserta didik penganut kepercayaan dalam proses uji publik, dan harapan kita semua bisa segera diresmikan sehingga secepatnya bisa digunakan sebagai pedoman pembelajaran.

Sebelumnya, acara dibuka oleh Sekdisbudpar Kota Semarang, Herawan Sasoko, SH dan dilanjutkan dengan tampilan tari Roro Ngigel dari Sanggar Sobokarti asuhan Totok Pamungkas.

Tari Roro Ngigel dari Sanggar Sobokarti Semarang






Tidak ada komentar:

Posting Komentar