Minggu, 29 Oktober 2017

60 GENERASI MUDA IKUTI PEMBINAAN PENGHAYAT KEPERCAYAAN TERHADAP TUHAN YANG MAHA ESA

Sebanyak 60 generasi muda dari 5 kabupaten di Jawa Tengah, menjadi peserta Pembinaan Generasi Muda Penghayat di Hotel @Hom Cilacap. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari sejak Selasa sampai dengan Kamis, 24 - 26 Oktober 2017 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah bekerja dengan Disdikbud Kabupaten Cilacap.

Kasie Kebudayaan dan Purbakala pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Hermawati menjelaskan kegiatan ini penting agar para generasi muda memiliki kepedulian terhadap nilai-nilai dalam ajaran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan tetap lestari.
Hal ini juga menjadi sarana bagi para sesepuh untuk memersiapkan generasi muda sebagai sebagai penerus ajaran kepercayaan.

“Sebab generasi muda memiliki peran penting dalam pelestarian nilai-nilai kebudayaan termasuk kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa” ujarnya. Dijelaskan kegiatan bertema ‘Jadilah Generasi Muda yang Sehat dan Bertanggung Jawab untuk Kemandirian Organisasi Penghayat” ini dibagi dalam beberapa topik materi. Antara lain Perilaku Hidup Sehat bagi Generasi Muda,  Kedisiplinan, Kerja keras dan Bertanggung jawab dalam Olahraga, Sejarah Kepercayaan Terhadap  Tuhan Yang Maha Esa, serta Pengelolaan Organisasi Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Ditambahkan Hermawati, kegiatan juga dilengkapi dengan kunjungan ke beberapa lokasi sesuai tema diantaranya Batik Rajasamas Maos, Sanggar Seni Lengger Nusawungu, dan Perajin Sukun di Jalan Kendeng, Cilacap.

Para peserta merupakan penghayat kepercayaan dari Kabupaten Cilacap, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, dan Kabupaten Tegal serta perwakilan dari Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI) Jawa Tengah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar