Minggu, 22 Oktober 2017

KIRAB 20 GUNUNGAN DI KETEP PASS

Sabtu Wage (21/10), sebanyak 20 Gunungan berhasil di Kirab di lokasi wisata Ketep Pass, Sawangan, Kabupaten Magelang. Ke 20 Gunungan tersebut mewakili 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Magelang untuk mengikuti Festival Gunungan dalam rangka memeriahkan Ketep Pass Summit Festival.

Event yang ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Disdikbud ini merupakan hasil dari kerja sama dengan Disparpora Kabupaten Magelang.

Festival Gunungan ini secara simbolis dibuka oleh Bupati Magelang dengan pemukulan gong dan dilanjutkan dengan penyerahan gunungan stroberry dari Plt. Kepala Disdikbud Drs. Haryono, M.Pd kepada Bupati Magelang. Kemudian dilanjutkan penyerahan bambu oleh Kepala Disparpora Iwan Setiyarso, S.Sos. M.Si. kepada Bupati Magelang, sebagai dibukanya Festival Bambu Lighting yang juga meramaikan event Ketep Pass Summit Festival.

"Acara ini sungguh luar biasa, selain sebagai upaya melestarikan budaya peninggalan leluhur kita, Festival Gunungan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kabupaten Magelang", ungkap Bupati Magelang Zainal Arifin sebelum membuka acara ini.

Gunungan yang ditampilkan kali ini diwajibkan memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh panitian diantaranya merupakan hasil bumi yang menjadi ciri khas dari masing-masing kecamatan. Selain itu, gunungan juga harus dikawal oleh bregoda (pasukan) atau kesenian rakyat dengan memakai busana adat jawa atau kostum kesenian dari masing-masing kecamatan.
 
Dari 20 gunungan yang dilombakan, gunungan dari kecamatan Pakis menjadi penampil terbaik dalam festival kali ini. Disusul dari kecamatan Sawangan, dan penampil terbaik ke tiga dari kecamatan Windusari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar