Jumat, 06 Oktober 2017

OGOH-OGOH DI ALUN-ALUN PURWOREJO

Tari Dolalak, tarian khas Kabupaten Purworejo
Memperingati Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke 1116, Pemerintah Kabupaten Purworejo menggelar parade seni yang dipusatkan di Alun-alun sebelah selatan atau depan Kantor Bupati jalan Proklamasi Purworejo, Kamis Pon (5/10).

Parade seni ini diikuti oleh perwakilan 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo serta 7 kontingen partisipasi dari kabupaten tetangga seperti Kabupaten Magelang, Temanggung, Kebumen, Kulonprogo (DIY), Wonogiri, Kendal, dan Purbalingga. Sebenarnya Kabupaten Pemalang juga hendak mengirim kontingen, namun karena sesuatu hal maka urung berpartisipasi.

Dalam parade seni tersebut banyak yang menampilkan berbagai atraksi kesenian unggulan masing-masing kecamatan, hingga penampilan petikan drama atau cerita babad.

Rute parade seni dimulai dari kawasan SMA Negeri 7 Purworejo menuju jalan Jendral Urip Sumoharjo keutara kemudian belok kiri lewat Jalan Proklamasi depan Kantor Bupati atau panggung kehormatan yang ditempati sejumlah pejabat Purworejo. Setelah menampilkan atraksi seni, peserta kemudian belok kanan melewati depan masjid Agung lurus ke utara kemudian belok kanan lewat perempatan Hotel Inntan. Selanjutnya belok kanan dan finis di Gedung Kesenian Sarwo Edi.

Ogoh - ogoh dari kecamatan Purworejo
Pangamatan di lapangan, dari sekian peserta hanya penampilan kontingen dari Kabupaten Wonogiri dan Kelurahan Doplang selaku perwakilan dari Kecamatan Purworejo yang mendapat perhatian dari penonton. Kabupaten Wonogiri menampilkan kesenian Reog dengan segala atraksinya, sementara Kelurahan Doplang mengusung Ogoh-ogoh. Sedangkan peserta lainya sebagian banyak menampilkan kesenian Kuda Lumping dan tari Dolalak yang mungkin bagi masyarakat Purworejo sudah menjadi tontonan biasa.

Parade seni diakhiri dengan tusukan tombak ke Ogoh-ogoh oleh Bupati Purworejo Agus Bastian dan Wakil bupati Yuli Hastuti. Penusukan Ogoh-ogoh sebagai simbul hilangnya sukerto atau aura negatif di Kabupaten Purworejo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar