Minggu, 10 Desember 2017

DKI JAKARTA RAIH JUARA UMUM "GITA PERMATA NUSANTARA"



DKI Jakarta tampil sebagai juara umum dalam ajang bergengsi Parade Lagu Daerah “Gita Permata Nusantara”di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Minggu (10/12/).

Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini merupakan event tingkat nasional yang menjadi salah satu wadah kegiatan untuk penampilan bersama dari berbagai provinsi dalam hal olah karya cipta dan penyajian lagu daerah.

Gita Permata Nusantara yang kali ini mengambil tema “Cinta Damai/Kerukunan Beragama”, diikuti 18 provinsi yang menampilkan lagu daerah garapan baru dengan arangsemen musikal bebas, namun tetap bernuansa daerah serta menyajikan lagu ciptaan seniman daerah setempat yang diciptakan khusus dalam event ini.


“Visi dan misi TMII adalah memperkenalkan budaya nusantara hingga di mancanegara dan dengan salah satunya melalui kegiatan ini mampu mempromosikan dan memasyarakatkan khasanah budaya daerah, gambaran peri kehidupan masyarakat serta potensi alam yang ada melalui nuansa lagu dan musiknya”, jelas Direktur Budaya TMII,  Drs. Sulistyo Tirtokusumo, MM. saat acara membuka Parade Lagu Daerah di Gedung Sasono Langgeng Budoyo, TMII, Jakarta, Minggu (10/12/).

Sulistyo berharap  agar kegiatan ini lebih ditingkatkan lagi menjadi besar dan luas. Pasalnya dengan kegiatan semacam ini bangsa Indonesia menjadi dikenal seluruh dunia bahwa bangsa ini kaya seni dan budaya. “Kegiatan kali ini diikuti 18 Provinsi, saya berharap ditahun depan akan bertambah, bila perlu semua 34 provinsi mengirimkan duta terbaiknya,” katanya.

Dewan juri pada acara ini antara lain penyanyi senior Trie Utami, kemudian Bens Leo yang merupakan produser musik senior, Frans Sartono sebagai pengamat dan wartawan musik senior, kemudian I Gede Eka Putra yang merupakan pencipta lagu, arangger dan pelatih pesta, serta Ertis Yulia Manikam, instruktur tari dan vokal sekaligus Manajer Informasi Budaya dan wisata TMII.

Dari sidang dewan juri, ajang Parade Lagu Daerah ini menghasilkan 4 kategori juara. Untuk penyanyi terbaik diraih provinsi Papua, pencipta lagu terbaik diraih DKI Jakarta, penata musik terbaik diraih DKI Jakarta, dan penyaji terbaik juga diraih provinsi DKI Jakarta. Dari hasil tersebut maka DKI Jakarta dinobatkan menjadi juara umum dalam Parade Lagu Daerah Tahun 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar