Sabtu, 17 Maret 2018

JAMU, WAYANG DAN TOPENG DALANG MENJADI TARGET DI JEJAK BUDAYA JATENG 2018

Ada 3 (tiga) karya budaya yang menjadi tujuan utama dalam kegiatan Jejak Budaya Jawa Tengah tahun 2018. Diantaranya Jamu Tradisional di Sukoharjo, Wayang di Wonogiri dan Topeng Dalang di Klaten.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dindikbud Provinsi Jawa Tengah ini diikuti 70 pelajar SMA/SMK se Jawa Tengah dan dilaksanakan selama 3 (tiga) mulai Selasa (13/3) sampai dengan Kamis (15/3).

Jejak Tradisi ini dibuka oleh Kepala Pembinaan Kebudayaan Dindikbud Jateng Drs. Bambang Supriyanto, M.Pd di Hotel Brothers Solo Baru, Sukoharjo, Selasa malam (13/3). Sebelumnya para peserta kegiatan dihibur oleh tampilan Tari Mundong (Jamu Gendong) yang ditampilkan apik oleh 5 siswi SMA 1 Sukoharjo

Kunjungan ke 3 lokasi karya budaya tersebut dilaksanakan semalam sehari penuh. Tujuan pertama adalah di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo. Disini para peserta diajak menjelajahi ke semua sudut pasar. Mereka mencari data sebanyak-banyaknya tentang Jamu Tradisional, dari bahan, cara pembuatan, dan lain lainnya.

Setelah cukup berkeliling di pasar, semua peserta diajak ke sekeratariat Kojai (Koperasi Jamu Indonesia) di Desa Nguter, Sukoharjo. Disini mereka diajak berdialog dengan ketua Kojai. Setelah itu mereka mengikuti workshop singkat pembuatan jamu. Kemudian dilanjutkan minum jamu bersama.

Tak hanya itu mereka juga diajak ke salah satu perusahaan kecil penghasil jamu. Para peserta bisa melihat berbagai tanaman herbal sebagai bahan jamu. Disini mereka juga diperlihatkan proses singkat pembuatan jamu instan, dari pencucian, pengeringan, uji lab, pengemasan, hingga penjelasan distribusi jamu instan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar