Minggu, 18 Agustus 2019

9 Karya Budaya Jawa Tengah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2019

Sebanyak 9 (sembilan) Karya Budaya dari Provinsi Jawa Tengah akhirnya ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Indonesia dalam Sidang Penetapan Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Indonesia tahun 2019 di Hotel Millenium Sirih, Jakarta (16/8).

Provinsi Jawa Tengah mendapatkan undian paparan menjelang akhir sudang, tepatnya undian ke 26 dari total 31 provinsi peserta sidang penetapan WBTB tahun 2019 ini . 

Delegasi Jawa Tengah terdiri 7 orang yaitu Agung Kristianto (Kabid Pembinaan Kebudayaan Dinas Dikbud Jateng), Sulistyono (Kasi Nilai Sejarah, Dinas Dikbud Jateng), Dwi Ratna Nurhajarini (Kepala BPNB Yogyakarta), Gunawan Sudharsono (Kabag Dikbud Kesosnakertrans, Biro Kesra Setda Prov Jateng), Eny Haryanti (Kasubbag Dikbud dan Perpus Biro Kesra Setda Prov  Jateng), Mispan (Kasi Sejarah dan Tradisi Dinas Dikbud Banyumas), Iwuk Tri Kiswarsiki (Staf Dinas Dikbud Jateng) dan Bambang Permadi (Budayawan dari Perguruan Trijaya Pusat Tegal).

Berikut ini 9 karya budaya Jawa Tengah yang lolos seleksi sidang WBTB 2019.

1. Dolalak,
2. Suran Tutup Ngisor, Kab. Magelang,
3. Lengger Banyumas,
4. Jaranan Margowati Temanggung,
5. Tari Prajuritan,
6. Ngasa Kabupaten Brebes,
7. Jamu Jawa Tengah,
8. Sintren Kab. Pekalongan
9. Dakon Jawa Tengah. 

Paparan disampaikan ketua delegasi Agung Kristianto, didepan tim ahli yang berjumlah 15 orang dan disaksikan semua peserta sidang dari perwakilan provinsi se Indonesia.

Beberapa pertanyaan dari Tim Ahli dijawab dengan baik, berikut juga dengan beberapa masukkan diantaranya tentang salah satu karya budaya, yaitu Jamu. Tim ahli menyarankan agar Jawa Tengah memperkuat data-data pendukung mengenai Jamu untuk diusulkan ke UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda Dunia (World Intangible Cultural Heritage).

Dalam pembacaan hasil sidang, ke 9 karya budaya tersebut seluruhnya ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Tahun 2019. Dengan demikian, sampai saat ini, sebanyak 37 Karya Budaya Jawa Tengah yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda.

Dari 272 karya budaya seluruh Indonesia yang lolos seleksi dan disidangkan, hanya 267 karya budaya saja yang ditetapkan sebagai WBTB Indonesia tahun 2019, lima karya budaya sisanya ditangguhkan, namun masih bisa diajukan pada tahun 2020 dengan memperbaiki beberapa persyaratan.

Sidang Penetapan WBTB yang digelar selama (3) tiga hari mulai Selasa (13/8) sampai dengan Jumat (16/8) ini, merupakan kegiatan tahunan Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya (Direktorat WDB), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemdikbud RI. Acara ini ditutup secara resmi oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud RI, Hilmar Farid. (BP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar