Rabu, 01 Juli 2020

Perkuat persaudaraan, FKUB Jateng berajangsana ke Walubi

Pengurus FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Jawa Tengah dengan mengajak beberapa tokoh dari organisasi/komunitas lintas agama dan kepercayaan, Selasa kemarin (30/6) melakukan anjangsana ke DPD Walubi Jawa Tengah yang bertempat di Jalan Plampitan No 56 Kranggan, Kota Semarang.

Rombongan diterima oleh Wakil Ketua DPD Walubi Jateng, Tanto Suwito Harsono bersama beberapa pengurus di kantor Sekretariat DPD Walubi Jateng.

Sembari menikmati hidangan makan siang, acara tersebut jauh dari resmi dan tampak obrolan semakin hangat saat masing-masing tokoh memberikan sambutan secara bergantian. 

Berikut beberapa tokoh lintas agama dan kepercayaan yang turut hadir dalam acara ini. Diantaranya H. Taslim Sahlan (Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah), Dwi Setiyani Utami (Ketua Puanhayati/Perempuan Penghayat Indonesia Provinsi Jawa Tengah), Eko Santoso (Parisada Hindu Dharma Indonesia Provinsi Jawa Tengah), dan Rama Agadhamo Wartha (Ketua Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia Provinsi Jawa Tengah).

Hadir juga KH. Iman Fadhilah (Wakil Sekretaris Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Provinsi Jawa Tengah), Maulana Saefullah A. Faruq (Mubaligh Jemaat Ahmadiyah Indonesia Kota Semarang), Anton Baskoro (Humanity First Chapter Jawa Tengah), Pdt. Yosua Wardaya (Persekutuan Gereja-gereja Indonesia Wilayah Jawa Tengah), Bambang Permadi (Penghayat Kepercayaan Perguruan Trijaya), Setyawan Budy (Koordinator Persaudaraan Lintas Agama), Nuhab Mujtaba Mahfuzh (Gusdurian Semarang), Ceprudin (Lembaga Studi Sosial dan Agama Semarang), dan Lusiana (Majelis Niciren Shoshu Buddha Dharma Indonesia).

"Toleransi, saling memahami, dan mewujudkan kehidupan yang damai adalah dambaan kita bersama,” kata Ketua FKUB Jateng Taslim Sahlan.

“Kami, pengurus FKUB selalu berusaha untuk menjalin silaturahmi kepada semua kelompok keagamaan. Bahkan tidak hanya kelompok agama, tapi juga kelompok penghayat kepercayaan. Jadi, perjumpaan dengan kelompok lain tidak hanya dalam acara formal,” sambung Dosen Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang ini.

Tanto Suwito Harsono menyampaikan, Walubi sependapat dengan FKUB untuk terus menjalin silaturahmi antar agama. Untuk mencapai kehidupan yang damai dibutuhkan peran dari segala sektor. Termasuk dalam bidang ekonomi.

“Selain itu, hemat saya, untuk mewujudkan kehidupan yang damai, kita bisa mulai dari ekonomi. Kita perbaiki kondisi ekonomi (semua lapisan masyarakat), kalau ini terwujud, kedepannya akan semakin mudah,” tambah Tanto.

Setyawan Budy selaku Koordinator Pelita Semarang menyampaikan pesan dan harapan agar kerukunan antar umat beragama dan kepercayaan di Jawa Tengah semakin solid di tengah pandemi Covid-19.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar