Senin, 27 Juli 2020

Viral, video para Bikku terima sedekah dari komunitas lintas agama dan kepercayaan

Hari ini, jagad medsos dihebohkan dengan video beberapa rohaniawan Buddha yang menerima sedekah dari sekelompok warga lintas agama dan kepercayaan di kota Semarang.

Video berdurasi 56 detik tersebut diambil oleh salah satu Penggerak GUSDURian Semarang, Cahya Astika di Vihara Buddhadipa yang berlokasi di Kelurahan Pakintelan, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Minggu (26/7). Saat itu pihak vihara sedang menggelar ritual rutin upacara Pindapata.

Makna Pindapata adalah sedekah, yaitu para rohaniawan menerima sedekah makan dan minum dari para umat yang berjajar berdiri dipinggir jalan sekitar vihara.

Tak seperti biasanya, Pindapata kali ini tampak indah dan sejuk dengan keikutsertaan beberapa komunitas lintas agama/kepercayaan yang ikut berbaris bersama umat Buddha lainnya untuk memberi 'sedekah' berupa makanan maupun minuman kepada Bhikku, Samanera, dan Sameneri. Upacara pindapata ini dipimpin langsung oleh Bhikkhu Dithisampanno, P.hd. (Ketua Sekretaris Wilayah Sangha Agung Indonesia Provinsi Jawa Tengah).

Turut hadir dalam acara ini H. Taslim Syahlan, ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Jawa Tengah), Sutarso Girivana, S. Ag., M.M. selaku Pembimas Buddha, Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Anton Baskoro dari Humanity First Indonesia, Bambang Permadi dari Penghayat Kepercayaan Perguruan Trijaya, Cahya Astika T dari Penggerak Gusdurian Semarang, Iqbal Alma selaku Koordinator GUSDURian Unnes, dan beberapa mahasiswa Unnes yang sedang menjalani KKN di Kelurahan Pakintelan.

Video ini seolah memberi pesan kedamaian dan kesejukkan, makna dari nilai toleransi beragama yang saat ini jarang terlihat dan bahkan sesuatu yang langka.

"Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara perlu sekali menjaga kerukunan antar sesama warga negara tanpa membeda-bedakan suku ras, agama maupun kepercayaannya" jelas Setyawan Budy, koordinator Pelita (Persaudaraan Lintas Agama) Semarang.

Apresiasi yang sama juga disampaikan Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah. "Ini bisa menjadi contoh, khususnya di Jawa Tengah, agar nilai kebersamaan itu lebih diutamakan dalam tindakan kemanusiaan, inilah aplikasi dari moderasi beragama", jelas H. Taslim Syahlan.


Berikut video Pindapata di Vihara Buddhadipa Pakintelan Semarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar