Rabu, 05 Agustus 2020

Gelar Baksos, Lembaga Keagamaan Buddha gandeng FKUB dan komunitas lintas agama

Lembaga Keagamaan Buddha dan Bimas Buddha Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah, menggelar bakti sosial di Vihara Vajra Bumi Dharma Sugata, Bringin, Kab. Semarang, kemarin Rabu, 5 Juli 2020. 

Lembaga Keagamaan Buddha dalam hal ini DPD Walubi Jawa Tengah dalam melaksanakan bantuan kemanusiaan ini menggandeng FKUB (Forum Kerukunan Umat Beragama) Provinsi Jawa Tengah, FKUB Kab. Semarang, Pelita (Persaudaraan Lintas Agama) Semarang, Humanity First Indonesia, Gusdurian Semarang, JAI Salatiga, dan Perguruan Trijaya. 

Bakti Sosial dalam bentuk sembako dan alat kesehatan penunjang protokol pencegahan Covid-19 ini ditujukan untuk beberapa Vihara dan Penyuluh Buddha di 4 Wilayah yaitu, Kab. Semarang, Salatiga, Boyololi dan Grobogan. Semoga bermanfaat dalam upaya pencegahan perluasan Covid-19. 

Ketua DPD WALUBI Provinsi Jawa Tengah Tanto Sugito, menyampaikan terimakasih kepada semua pendukung di kegiatan sosial ini. 

Meskipun acara ini mendadak, tetapi kehadiran Pengurus FKUB baik Provinsi Jawa Tengah maupun Kabupaten Semarang serta beberapa organisasi lintas agama dan kepercayaan semakin menguatkan kebersamaan dan kerukunan atar umat agama yang ada di Jawa Tengah ini, khususnya di Kabupaten Semarang", jelas Tanto. 

Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Sutarso, menjelaskan bahwa untuk agama Budha di Kanwil Kemenag Jawa Tengah terdiri dari 22 Satker, tetapi jumlah Kota dan Kabupaten total ada 35, yang dikategorikan menjadi 6 eks karisedanan. 35 Kabupaten ini rencana akan dibantu Walubi baik sembako maupun alat kesehatan protokol covid-19.

"Kami sangat berterimakasih kepada Walubi yang selalu bersemangat melakukan bakti sosial, dan ini sangat bagus karena didukung oleh FKUB dan organisasi kepemudaaan lintas agama dan kepercayaan", jelas Sutarso.

Lebih lanjut Sutarso menjelaskan bahwa kegiatan bersama ini akan semakin meningkatkan kerukunan yang diaplikasikan di Jawa Tengah. Hal ini sesuai dengan program Kementerian Agama yaitu Peningkatan Kualitas Keimanan, Kerukunan, dan Pendidikan.

"Mari kita senantiasa tingkatkan kerukunan, sentuhan kasih yang diberikan secara kuantitas memang tidak seberapa, tetapi kebersamaan ini kita tonjolkan maka akan diikuti umat didaerah ini, sehingga kebersamaan tetap terjaga", pungkas Sutarso.

Ketua FKUB Jawa Tengah, KH. Taslim Syahlan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Walubi Jawa Tengah dan Bimas Budha Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah yang sekaligus menggandeng organisasi lintas agama dan kepercayaan dalam melaksanakan bakti soial ini. 

"Perjumpaan lintas agama dan kepercayaan terhadap Tuhan YME ini merupakan salah satu wujud nyata dalam memperkokoh kerukunan umat beragama" jelas Taslim.

"Kokohnya kerukunan umat beragama tentu menjadi modal sosial yang penting dalam merealisasikan Jawa Tengah yang gayeng dan majeng" tukas Ketua FKUB Jawa Tengah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar