Jumat, 25 September 2020

Setelah 22 Tahun, GBI Tlogosari akhirnya bisa melanjutkan pembangunan Gereja

Setelah selama 22 tahun, akhirnya GBI (Gereja Babtis Indonesia) Tlogosari Semarang, bisa melanjutkan pembangunan tempat ibadah (gereja). Hal ini ditandai dengan penyerahan IMB baru yang diserahkan oleh Walikota Semarang Hendrar Prihadi kepada Pendeta Wahyudi dari GBI Tlogosari.

Penyerahan IMB tersebut dilakukan bersamaan dengan acara Pelantikan Pengurus Badan Musyawarah Gereja (BAMAG) Kota Semarang di Balaikota Semarang, Kamis (24/9).

"Saya serahkan IMB untuk gereja bapak, semoga bisa membuat situasi menjadi lebih baik, jemaatnya juga semakin hebat dan gerejanya bermanfaat" pesan Hendi, sapaan akrab walikota Semarang itu saat menyerahkan IMB kepada Pendeta Wahyudi.  

Dalam kesempatan tersebut, Pendeta Wahyudi yang didampingi oleh Naufal Sebastian dari LBH Semarang dan Setyawan Budy dari Persaudaraan Lintas Agama (Pelita) Semarang, merasa senang menerima IMB Baru dari Walikota Semarang. 

 "Saya sangat senang sekali, perjalanan yang panjang untuk mewujudkan impian sebuah gedung gereja, diperlukan ketekunan, semangat, dan kesetiaan" jelas Pendeta Wahyudi.

"Semua bisa kita lalui berkat dukungan Keluarga Jemaat, LBH Semarang, Pelita (Persaudaraan Lintas Agama) Semarang, Elsa Semarang dan Gusdurian Semarang yang telah membuat kami bangga dan kuat dalam menghadapi pergumulan IMB yang kedua ini, kiranya segala kebaikan teman-teman pendamping, Tuhan sendiri yang membalasnya berlipat ganda", lanjut Pendeta Wahyudi.

IMB baru ini adalah hasil dari beberapa proses terakhir yang ditempuh GBI Tlogosari. Yaitu pada saat kasus ini dimediasi oleh Komnas HAM RI pada hari Kamis (17/9) di Balaikota Semarang yang menghasilkan putusan agar GBI Tlogosari segera mengurus IMB baru, meskipun IMB lama yang terbit tahun 1998 masih sah secara hukum. 

Hasil mediasi tersebut disambut baik oleh FKUB Kota Semarang dan Kemenag Kota Semarang yang menerbitkan rekomendasi untuk GBI Tlogosari yang diterbitkan secara cepat yaitu pada hari Sabtu (19/9). 

Surat rekomendasi inilah yang menjadi syarat utama hingga Pemkot Semarang mengeluarkan IMB untuk GBI Tlogosari yang teletak di Jl. Malangsari No. 83 Semarang.  

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar